https://cuan128seo.com/ – Pembalap Ducati Lenovo, Marc Marquez, merasa senang dengan pengujian dalam tes MotoGP Aragon.

Marquez menguji paket aerodinamika sepanjang sehari tes di Motorland Aragon, Spanyol, Senin (9/6/2025).

Dia menyelesaikan tes dengan berada di posisi ketiga usai mencatatkan lap terbaik 1 menit 45,826 detik.

Marquez mengharapkan Ducati fokus pada pengujian aerodinamika dan mengharapkan homologasi untuk tes selanjutnya di Misano.

“Pada dasarnya kami berkonsentrasi hampir sepanjang hari pada paket aero baru itu, karena tes berikutnya adalah Misano dan sudah terlambat untuk melakukan homologasi paket aero baru,” kata Marquez, dilansir dari Crash.net.

“Ada beberapa hal positif. Kami mencatat waktu putaran dengan paket aero itu, tetapi dengan yang standar sangat dekat.”

“Sekarang kami harus memahami karena itu adalah kombinasi yang berbeda. Sekarang kami perlu memahami mana yang terbaik,” ujarnya.

Selain itu, Marquez juga mengomentari mengenai terobosa yang dilakukan rekan setimnya, Francesco Bagnaia.

Bagnaia mengubah ukuran cakram rem dalam balapan hari Minggu yang membuatnya berhasil finis di tempat ketiga.

Pengujian cakram kemudian dilanjutkan pada tes MotoGP Aragon.

Ide Bagnaia tersebut bahkan juga diikuti oleh pembalap Pertamina Enduro VR46, Fabio Di Giannantonio.

Diggia menyelesaikan tes di posisi kedelapan, sementara Bagnaia kesembilan.

Bagnaia menggunakan ukuran cakram yang lebih besar yakni 355 mm dari yang normal berukuran 340 mm.

Namun, Marquez menyebut bahwa perubahan cakram tidak ada perbedaan apa-apa.

Menurutnya, berhasilnya Bagnaia dalam penggunaan cakram yang lebih besar pada balapan hanya soal suhu.

“Bagi saya, tidak ada perbedaan antara kedua cakram tersebut,” kata Marquez.

“Ini hanya soal suhu. Memang benar bahwa dengan 355mm, bagian terakhir ketika saya suka bermain-main dengan rem.”

“Anda akan mendapatkan lebih sedikit umpan balik, tetapi Anda memiliki lebih banyak tenaga dalam garis lurus (pengereman).”

“Tapi Anda bisa menggunakan dua, tiga titik rem di sirkuit.”

“Misalnya di sini adalah Tikungan 1 dan Tikungan 16. Rem yang lain Anda tidak mengerem sepenuhnya.”

“Jika itu adalah sesuatu, 355mm sedikit lebih berat,” ujar Marquez.